Posted by: tiatavias | December 27, 2011

Selamat Natal

Saya selalu senang Natal datang. Teringat perayaan Natal ketika kecil. Teringat perdebatan dengan Mamah soal boleh mengucapkan atau tidak. Begitupun Natal kemarin. Saya menguping pembicaraan Mamah dengan seseorang. Saat itu Mamah baru saja pulang dari mengucapkan Natal kepada keluarga kami yang merayakan. Keluarga dari Nenek tiri saya, Ibu tirinya Bapak. Seseorang itu baru saja “mengajarkan” Mamah bahwa sebagai orang Islam kita tidak boleh mengucapkan selamat Natal. Sungguh, buat saya itu pemikiran sempit! Mamah pun hanya membalas, itu tergantung pribadi masing-masing. Mereka saja selalu mengucapkan selamat ketika kami berlebaran. Masa kita tidak membalasnya. Senangnya Mamah bisa membalas seperti itu.

Hal-hal sepele seperti ini yang kerap kali terjadi pada sebagian orang Islam yang sedikit fanatik mungkin. Saya rasa Tuhan menciptakan kita berbeda-beda itu ada maksud dan tujuannya. Kita harus saling menghargai perbedaan karena setiap manusia mempunyai jalan setapaknya masing-masing untuk menuju Tuhan-Nya. Dan jika maksud dan tujuan kita baik untuk mengucapkan selamat Natal, apa Tuhan akan marah? Menurut saya, Tuhan tidak akan marah :)

Selamat Natal saya ucapkan sekali lagi untuk yang merayakan. Untuk keluarga dan teman-teman saya :)

28 Desember 2011


Responses

  1. hehe,,iyaah jadi pertanyaan kenapa dulu gw mau aja diboongin yah.. ga boleh ngucapin selamat natal karena itu dosa?
    sekarang gw aneh sendiri, itu kan cuma ucapan, mengucapkan kebahagiaan,,
    lagi pula itu bentuk menghargai,

    kadang memang terlalu banyak hal hal yang salah yang diajarkan, sampai perbedaan itu terasa benar benar berbeda,

    pada sebenarnya itu dikonstruksikan, oleh siapa dan apa?
    silahkan dijawab masing masing

    • Hidup itu pilihan. Bijaklah :)


Leave a Reply

Categories

