Posted by: tiatavias | March 28, 2012

RIP. kakek saya

Tuhan begitu cepat mendengar do’a saya, do’a Mamah, do’a semuanya. Tuhan memudahkannya. setelah Mamah shalat Magrib, Tuhan memanggil kakek. tepat di hari ketika saya menengok kakek. tepat setelah saya menulis “mudahkanlah”..

bodoh! saya tak ada ketika itu. padahal Mamah sudah meminta saya kesitu. saya sedang di rumah Tante yang jaraknya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari rumah kakek. kakek, yang biasa saya panggil Bapak. panggilan yang sama seperti panggilanku pada Bapak, ayahku.

salah satu santri pun menghampiri, memberi tahu kalo beliau sudah pergi. kepala saya begitu kosong. adik saya langsung membawa menancap gas ke rumah duka. saya menemukan beliau di tempat saya berpamitan sore itu, sebelum menulis. dan saya melihat Mamah tergeletak menumpahkan seluruh rasa.

baru kali ini saya melihat kain kafan yang disobekkan. baru kali ini saya melihat Mamah begitu kehilangan.

Beliau menunggu saya datang sebelum kepergiannya. Beliau sudah tenang disana. semalam adalah tujuh harian almarhum. meskipun saya tidak bisa datang, akan selalu ada do’a untuk Kakek. Kakek yang amat saya sayang. seminggu ini bagaikan panggung sandiwara. sekuat tenaga untuk tetap tersenyum. saya tidak pernah merasa begiu kehilangan seperti sekarang, ada perasaan bersalah yang amat teramat sangat.

di hari terakhir, tak pernah saya sedekat itu mengusap wajahnya, memandang wajah tampannya yang masih terlihat jelas, melihatnya bereaksi terhadap kedatangan saya, melihatnya menitikkan air mata ketika saya berbicara. tapi saya tau ini yang terbaik untuk Beliau. Tuhan memudahkannya.  terima kasih :,)

*do’a pun terkirim untuk Alm. Mad Hadi. I Love you, always :,)


Leave a Reply

Categories

